Apakah Pengertian Dari Konten Yang Relevan?
Pertanyaan:
Apakah yang dimaksud dengan konten yang relevan? Mengapa situs saya
belum muncul pada halaman pertama google? Padahal di dalamnya telah
berisi artikel berkualitas dan sesuai keyword yang dibidik (dari Linda N – Jakarta).
Jawaban jasa seo:
Konten relevan secara terjemahan bebas adalah konten yang terkait atau
berhubungan dengan keseluruhan website. Jika anda ingin mengetahui
secara lebih mendalam tentang konten yang baik dan benar,
silakan baca artikel yang telah disediakan. Secara umum, konten yang
relevan itu hubungan keterkaitan antara isi website dengan judul,
deskripsi, gambar, dan seluruh elemen yang ada di dalam situs. Bahkan
jika anda mengatakan bahwa situs telah diisi dengan artikel berkualitas,
bisa saja tidak akan mempengaruhi posisi SERP, karena tidak relevan.
Judul dan deskripsi bercerita tentang sesuatu, sementara artikel-artikel
bagus yang ada di dalamnya menceritakan hal lain yang tidak
berhubungan. Hal ini akan memperparah posisi SERP situs anda.
Tetapi jika saya membaca pertanyaan
anda, saya memiliki dugaan bahwa artikel anda terkesan membidik kata
kunci tertentu. Anda perlu kembali lagi ke tujuan awal situs tersebut
diciptakan. Tentu saja bukan untuk membidik kata kunci tertentu, bukan?
Jadi dugaan saya tentang situs anda yang berisi artikel berkualitas yang
sesuai keyword yang dibidik, mengarah kepada over density of keyword.
Semakin anda perbanyak artikel yang membidik kata kunci tertentu, hal
tersebut juga berarti anda mengulang-ulang hal yang sama (keyword
stuffing), maka situs anda terlihat kurang bermutu dipandang oleh search
engine seperti google.
Lagipula, anda perlu pahami makna yang
terkandung di dalam kata: “relevansi”. Konten yang relevan bukan berarti
konten yang sama, juga bukan berarti keyword relevan (tidak ada kata
kunci relevan, karena semua kata kunci berbeda). Maknanya sangat jelas,
berarti anda harus menciptakan konten atau artikel yang berkaitan atau
saling berhubungan di dalam situs. Jika situs anda menjual produk
kosmetik, maka konten di dalamnya harus berisi tentang segala sesuatu
yang berhubungan dengan kosmetik. Anda bisa menuliskan proses pembuatan
kosmetik, pengalaman konsumen yang menggunakan kosmetik (testimoni),
ketersediaan di market, perbandingan mutu atau harga dan lain
sebagainya. Dan jangan mengulang kata-kata yang sama. Jika kata kunci
yang ingin anda bidik adalah: “kosmetik murah”, maka anda harus menjaga
supaya kata: “kosmetik” dan kata: “murah” berada pada kepadatan yang
wajar. Semoga jawaban ini cukup jelas bagi anda.